Spesifikasi Produk Yang Diharapkan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


E.      Spesifikasi Produk Yang Diharapkan
Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sebuah perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai rencana pembelajaran dan sebagai sumber pembelajaran untuk pembelajaran siswa kelas IV di SDN .... Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan SK dan KD dengan materi pokok Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Adapun perangkat pembelajaran ini meliputi silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar (materi ajar), Lembar Kerja Siswa, dan lembar evaluasi berbasis karakter.
1.   Silabus pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran tertentu yang mencakup identitas silabus, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, nilai-nilai karakter, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
2.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per-unit yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran di kelas. Susunan rencana pelaksanaan RPP yang meliputi:
a.         Identitas RPP yang meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, hari/tanggal dan jumlah pertemuan.
b.         Standar Kompetensi dari silabus
c.         Kompetensi Dasar dari silabus
d.        Indikator pencapaian kompetensi
e.         Tujuan pembelajaran
f.          Karakter yang diharapkan muncul dari kegiatan pembelajaran
g.         Materi ajar
h.         Alokasi waktu yang diperlukan
i.      Metode pembelajaran, yang dapat memfasilitasi pengembangan karakter siswa yaitu dengan pendekatan CTL.
j.        Kegiatan pembelajaran yang didalamnya terdapat kegiatan pembiasaan pengembangan karakter dalam diri siswa.
k.         Penilaian hasil belajar yang menekankan pada penilaian otentik.
l.           Sumber belajar. 

3.    Bahan ajar merupakan uraian bahan ajar yang ada dalam kurikulum/persiapan mengajar berupa ringkasan dari bahan terurai yang ada dalam buku teks. Materi ajar dalam perangkat pembelajaran ini terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, isi dan pelengkap. Pendahuluan ini berisi pengenalan materi pokok dan tujuan pembelajaran. Isi merupakan uraian tentang bahan pelajaran yang didalamnya dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh. Adapun bagian pelengkap berisi tugas dan pertayaan atau latihan soal.
4.     Lembar Kerja Siswa (LKS) menurut Dhari dan Haryono (Komalasari, 2008:117) adalah lembaran yang berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang terprogram. LKS berisikan antara lain uraian singkat materi, tujuan kegiatan, alat/bahan yang diperlukan dalam kegiatan, langkah kerja, pertanyaan untuk didiskusikan, kesimpulan hasil diskusi, dan soal-soal latihan pemahaman.
5.   Lembar Evaluasi merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara skematis dan berkesinambungan, sehingga diperoleh informasi tentang kemajuan dan ketuntasan penguasaan kompetensi. Penilaian dapat dilakukan dengan penilaian kelas, tes kemampuan dasar, dan penilaian akhir suatu pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat 4 lembar penilaian yaitu : lembar evaluasi pertama adalah penilaian kognitif berupa pemahaman; lembar evaluasi kedua adalah penilaian produk, lembar evaluasi ketiga adalah lembar penilaian afektif dalam kegiatan pembelajaran; dan  lembar evaluasi keempat adalah penilaian perilaku berkarakter
6.   Menurut Briggs (Komalasari, 2008:112) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Media pembelajaran yang digunakan dalam perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini berupa gambar dan model yang berkaitan dengan materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Media yang digunakan, dibuat dan dirancang dengan sederhana dan mudah digunakan dengan memanfaatkan teknologi serta fasilitas yang ada di sekolah.

Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas, perlu ditetapkan kriteria kualitas hasil pengembangan yang sesuai. Kriteria yang digunakan adalah kriteria hasil pengembangan yang dikemukakan Nieveen (Subekti, 2010:76), yaitu: (1) kevalidan (validity), (2) kepraktisan (practicality), dan (3) keefektifan (effectiveness).
Kevalidan suatu produk menurut Nieveen (Subekti, 2010:76), dikaitkan dengan dua hal, yaitu (1) apakah hasil pengembangan didasarkan pada rasional teoretis yang kuat, dan (2) apakah terdapat konsistensi secara internal. Sedangkan untuk kepraktisan, menurut Nieveen (Subekti, 2010:77), dipenuhi jika (1) ahli dan praktisi menyatakan bahwa sesuatu yang dikembangkan itu dapat diterapkan, dan (2) dalam kenyataannya sesuatu yang dikembangkan itu memang benar-benar dapat dapat diterapkan. Dalam penelitian ini, kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mengacu pada kriteria menurut Nieveen tersebut. Penentuan kevalidan dan kepraktisan dilakukan oleh para ahli atau orang yang mengerti tentang perangkat pembelajaran.
Sedangkan keefektifan dapat dilihat dari (1) mengimplemetasikan materi ajar di kelas dan (2) pengamatan terhadap kemanfaatan saat dipakai (whilst-use), dan kemanfaatan setelah dipakai (post-use) untuk menemukan efek-efek sebenarnya dari materi (Subekti, 2010:78). Keefektifan ini dilihat dari respon siswa dalam uji coba di lapangan dan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran.

Share this

0 Comment to "Spesifikasi Produk Yang Diharapkan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar